Selasa, 23 Oktober 2007

PENTINGNYA MINERAL

Mineral selalu disandingkan dengan vitamin, mineral memegang peranan penting bagi perkembangan dan kesehatan tubuh kita. Sebab apabila tubuh kekurangan mineral maka tubuh akan mudah terserang penyakit. Mineral merupakan sekelompok senyawa anorganik yang dibutuhkan untuk memperlancar proses metabolisme.
Mineral dibagi menjadi 2 yaitu mineral utama yang terdiri dari dari kalsium, fosfor, magnesium, natrium, kalium, klorida,dan sulfur.sedangkan yang kedua biasa disebut dengan trace mineral, diantaranya adalah zat besi, seng, mangan, kobalt, tembaga, yodium, kromium, selenium, nikel, dan silicon.
Kadar mineral didalam tubuh kita harus tetap seimbang karena mineral memiliki fungsi masing-masing demi kesehatan tubuh. Bila asupan mineral didalam tubuh berkurangt maka akan menimbulkan dampak tersendiri bagi tubuh kita. Caranya tak lain adalah dengan banyak mengonsumsi buah-buahan, susu, dan sayuran.
Akan tetapi kesadaran untuk mengonsumsi mineral pada saat ini semakin lama semakin sedikit. Bukan hanya sayur dan buah yang tidak terdaftar dalam menu makanan kita, tetapi juga karena proses makanan yang kurang baik dan hiegenis. Pengunaan teknologi khusus, zat pengawet, dan zat kimiawi merupakan salah satu penyebabnya hilangnya kandungan mineral dan vitamin lainya. Itu sebabnya meski tubuh seseorang itu sehat, namun busa saja orang tersebut kekurangan mineral.
Oleh karena itu, perubahan pola makanan harus dimulai dari sekarang. Mengonsumsi buah dan sayur secara teratur dengan pengolahan yang tepat agar mendapatkan hasil mineral yang maksimal bagi tubuh.

Tidak ada komentar: